Wilhelm Conrad Röntgen, Peraih Nobel Fisika

Posted by Ahmad Faizal Ginanjar Friday, October 22, 2010 0 komentar

Wilhelm Conrad Röntgen lahir pada 27 Maret 1845, di Lennep di Provinsi Lower Rhine Jerman, sebagai satu-satunya anak seorang pedagang, dan produsen, kain. Ibunya Charlotte Constanze Frowein Amsterdam, anggota keluarga Lennep lama yang telah menetap di Amsterdam.
Ketika ia berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke Apeldoorn di Belanda, di mana ia pergi kepada Lembaga Martinus Herman van Doorn, sebuah sekolah asrama. Dia tidak menunjukkan bakat khusus, tetapi menunjukkan cinta alam dan suka berkeliaran di padang dan hutan. Ia terutama cenderung untuk membuat terciptalah mekanik, karakteristik yang tetap dengan dia juga di kemudian hari. Pada tahun 1862 ia memasuki sebuah sekolah teknik di Utrecht, di mana ia bagaimanapun tidak adil diusir, dituduh menghasilkan karikatur dari salah satu guru, yang sebenarnya dilakukan oleh orang lain.

Laba-laba Sutra Menyerap Air

Posted by Ahmad Faizal Ginanjar Thursday, October 21, 2010 1 komentar

Laba-laba sutra merubah strukturnya saat menjadi basah, meningkatkan kemampuannya untuk menangkap air dari udara, suatu studi baru yang diusulkan oleh para ilmuwan Cina. Menggunakan wawasan dari pengamatan mereka terhadap laba-laba sutra alami, para peneliti berkesimpulan untuk menciptakan suatu sutra buatan yang mimiknya menyerupai kapabilitas penyimpanan air.
Kemampuan jaring laba-laba untuk menangkap dan menahan air, dengan hasil yang menakjubkan pada embun pagi, seringkali diperlakukan sebagai sesuatu yang indah namun kurang menarik disamping cerita betapa kekuatannya yang luar biasa. Tetapi Lei Jiang pada Chinese Academy of Sciences di Beijing tertarik untuk mendapatkan akar properti unik ini. Timnya memulai dengan meneliti dengan cermat citra pengamatan mikroskop elektron dari sutra yang dihasilkan oleh hackled orbweavers.

Planet Kebumian

Posted by Ahmad Faizal Ginanjar 0 komentar

Planet kebumian (planet terestrial atau planet telurik), planet bebatuan atau planet dalam adalah planet yang sebagian besar terdiri atas batu silikat. Dalam Tata Surya, planet kebumian adalah planet-planet terdekat dengan matahari. Istilah terestrial atau telurik berasal dari bahasa Latin untuk Bumi (Terra dan Tellus), dan definisi alternatif yang semestinya bahwa ini adalah planet-planet yang, dalam beberapa gaya yang dikenal, "mirip Bumi".

Olimpiade Kebumian

Posted by Ahmad Faizal Ginanjar 0 komentar

Bagi yang memerlukan pembahasan Olimpiade Kebumian tingkat Internasional silakan menuju tautan berikut yang disiapkan oleh Teknik Geologi UGM dengan klik bagian ini saja
Silakan menuju ke alamat di atas untuk mengunduh soal olimpiade kebumian internasional serta silabusnya !
Menuju IESO 2009 di Taiwan, berikut link yang menarik untuk didownload mengenai Taiwan …. link 1 link 2 link 3
atau
Nyari artikel bahasa Inggris buat masang AdSense? atau buat tugas? Klik disini Gratisss!!!!
Jangan lupa dilike ya. n_n

Kalo mau baca artikel AdScience lewat e-mail. silahkan daftarkan disini. artikel terbaru akan segera terkirim.

Masukkan email anda disini: