Anak yang dianggap bodoh dengan kecerdasannya

Posted by Ahmad Faizal Ginanjar Saturday, October 22, 2011 0 komentar

Anak yang dianggap bodoh dengan kecerdasannya
Kita sering sekali merasa lebih pintar dari orang lain, dan merasa lebih unggul, tapi pasti seseorang yang kita anggap tidak lebih pintar itu memiliki kecerdasan dalam bidangnya sendiri. Ayo kita simak cerita "Anak yang dianggap bodoh dengan kecerdasannya" dengan seksama sahabat AdScienceBlog.

Ketika seorang pengusaha sedang memotong rambutnya pada tukang cukur yang berdomisili tak jauh dari kantornya, mereka melihat ada seorang anak kecil berlari-lari dan melompat-lompat di depan mereka.

Tukang cukur berkata, "Itu Bejo, dia anak paling bodoh di dunia"
"Apa iya?"
jawab pengusaha

Lalu tukang cukur memanggil si Bejo, ia lalu merogoh kantongnya dan mengeluarkan lembaran uang Rp. 1000 dan Rp. 500, lalu menyuruh Bejo memilih, "Bejo, kamu boleh pilih & ambil salah satu uang ini, terserah kamu mau pilih yang mana, ayo nih!"

Bejo melihat ke tangan Tukang cukur dimana ada uang Rp. 1000 dan Rp. 500, lalu dengan cepat tangannya bergerak mengambil uang Rp. 500.

Tukang cukur dengan perasaan benar dan menang lalu berbalik kepada sang pengusaha dan berkata, "Benar kan yang saya katakan tadi, Bejo itu memang anak terbodoh yang pernah saya temui. Sudah tak terhitung berapa kali saya lakukan tes seperti itu tadi dan ia selalu mengambil uang logam yang nilainya paling kecil."

Setelah sang pengusaha selesai memotong rambutnya, di tengah perjalanan pulang dia bertemu dengan Bejo. Karena merasa penasaran dengan apa yang dia lihat sebelumnya, dia pun memanggil Bejo lalu bertanya, "Bejo, tadi saya melihat sewaktu tukang cukur menawarkan uang lembaran Rp. 1000 dan Rp. 500, saya lihat kok yang kamu ambil uang yang Rp. 500, kenapa tak ambil yang Rp. 1000, nilainya kan lebih besar 2 kali lipat dari yang Rp. 500?"

Bejo pun berkata, "Saya tidak akan dapat lagi Rp. 500 setiap hari, karena tukang cukur itu selalu penasaran kenapa saya tidak ambil yang seribu. Kalau saya ambil yang Rp. 1000, berarti permainannya akan selesai..."

PESAN MORAL:
Banyak orang yang merasa lebih pintar dibandingkan orang lain, sehingga mereka sering menganggap remeh orang lain. Ukuran kepintaran seseorang hanya TUHAN yang mengetahuinya. Alangkah bijaksananya ki†a jika tidak menganggap diri sendiri lebih pintar dari orang lain.

Aha.. Bahasa Indonesia itu menyenangkan

Posted by Ahmad Faizal Ginanjar Friday, October 21, 2011 0 komentar

Belajar Bahasa Indonesia itu menyenangkan
Anak anak apa saja kegiatanmu? Kamu akan selalu menggunakan bahasa. Bahasa adalah alat komunikasi
Kita patut bersyukur, kita juga patut berbangga hati. Kita memiliki bahasa nasional, bahasa nasional kita bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi pemersatu bangsa.
Setelah belajar bahasa Indonesia, mari kita cintai bahasa Indonesia. Belajar bahasa Indonesia itu menyenangkan.

Mengapa harus belajar Bahasa Indonesia?
Seperti yang telah kita ketahui dengan semakin berkembangnya zaman dan meluasnya pergaulan, maka pada saat ini banyak sekali orang – orang yang pada saat berkomunikasi tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mereka lebih banyak menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi sehari – hari. Bahkan pada saat ini telah ada yang menciptakan bahasa gaul tersebut dan dibukukan lalu dijual di masyarakat luas. Sehingga sudah jarang sekali terlihat orang – orang yang berkomunikasi satu sama lain atau sudah sesuai dengan Ejaan Yang Disesuaikan (EYD).

Sebenarnya, hal ini sudah sangat membudaya atau telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, khususnya para remaja yang selalu menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi sehari – hari. Dikarenakan hal inilah, maka belajar Bahasa Indonesia menjadi sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dimulai dari SD, kita telah diajarkan pelajaran Bahasa Indonesia. Bahkan saat kita duduk di bangku kuliahan pun kita juga akan menemukan pelajaran Bahasa Indonesia. Mungkin hal ini akan banyak mengundang orang untuk bertanya di dalam benak mereka, “Mengapa kita harus belajar bahasa Indonesia?”. Kita harus belajar bahasa Indonesia dikarenakan pada suatu saat nanti, kita pasti akan sangat membutuhkan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Contohnya pada saat kuliah, kita akan menyusun Penulisan Ilmiah (PI) ataupun skripsi. Pada saat inilah, bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD sangat dibutuhkan, seperti tata cara penulisan, bentuk baku tulisan serta tanda baca yang digunakan dan sebagainya. Apabila kita tidak dapat menguasainya, maka kita akan sangat kesulitan pada saat menyusun PI ataupun skripsi. Bahkan pada saat melamar pekerjaan pun kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itulah, kita harus bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari – hari agar hal ini menjadi suatu kebiasaan yang baik dan berguna kedepannya. Sebaiknya pelajarilah bahasa kita sendiri terlebih dahulu sebelum kita mempelajari bahasa yang lain. Karena kita tidak akan pernah mengerti bahasa lain apabila kita tidak mengerti bahasa kita sendiri.

wikipedia : “ Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti.”

Sekarang yang menjadi pertanyaan, mengapa saya harus belajar bahasa Indonesia?
Alasannya adalah,  betapa pentingnya sebuah bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang dipakai di Indonesia. Pertanyaannya sekarang apakah bahasa Indonesia saya sudah baik dan benar? Tentu saya masih ragu untuk menjawabnya.
Kita sebagai warga Negara Indonesia pasti sadar diri, betapa banyaknya ragam bahasa di Indonesia. Lain daerah lain bahasa, orang Sumatera memiliki bahasa sendiri, orang Jawa memiliki bahasa sendiri, orang Kalimantan memiliki bahasa sendiri. Dan ragam bahasa itu menjadi kebanggaaan kita sebagai warga Negara Indonesia.

Ada beberapa alasan, kenapa saya perlu belajar bahasa Indonesia :
a. Bahasa menunjukkan bangsa
Sebuah ungkapan atau sebuah pepatah yang memakai 2 unsur atau kata pokok yaitu bahasa dan bangsa. Dari dua unsur dapat disimpulkan 3 arti yaitu :
1. Tabiat seseorang dapat dilihat dari cara bertutur kata mereka
2. Kesopansantunan seseorang menunjukkan asal keluarganya
3. Bahasa yang sempurna menunjukkan peradaban yang tinggi dari bangsa pemilik
     bahasa tersebut.
Kita bangga di dalam bahasa Indonesia kita diberikan pilihan bahasa (diksi), misalnya saja saya penggunaan kata kamu, Anda, Abang, Kakak, Bapak dan lain sebagainya. Saya dapat memilih dengan siapa saya bicara, misalnya saya bicara dengan orang yang lebih tua dari saya maka saya dapat memilih kata Anda, Abang, Kakak atau Bapak. Coba perhatikan penggunaan kata You dalam bahasa Inggris, bagaimanakah mereka menggunakan kata itu? Kalau di Indonesiakan bisa berarti tidak sopan bukan.

b. Ilmu Pengetahuan
Untuk mendapatkan ilmu pengetahuan itu kita harus belajar bahasa Indonesia. Sejak kecil kita sekolah mulai dari sekolah di tingkat dasar, menengah, atas dan sampai kuliah. Ilmu itu di ajarkan dalam bahasa Indonesia. Kalau dulu kita belajar dari orang lain, kini giliran kita untuk mengajarkan kepada orang lain. Bagaimana kita dapat mengajarkan kepada orang lain sedangkan bahasa Indonesia kita berantakan. Apakah ada media lain selain bahasa tulisan untuk kita berbagi ilmu pengetahuan ? Tentu tidak, maka dari itu kita di tuntut untuk melatih agar bahasa Indonesia kita baik dan sesuai dengan EYD. Kita tidak dituntut 100% baik dalam EYD tetapi separuhnya juga boleh dan yang paling penting selalu berlatih.

c. Ingin menjadi orang berhasil, perlu tidak belajar bahasa Indonesia ?
Untuk menjadi orang berhasil, baik itu menjadi professor, ilmuan, kepala pemerintahan, menteri, wakil rakyat, Gubernur, Bupati, menajer perusahaan, dan lain sebagainya, maka di tuntut untuk bisa berkomunikasi baik itu lisan maupun tulisan. Bahasa apa yang di gunakan untuk berkomunikasi ? Kalau tinggalnya di Indonesia maka bahasa Indonesia adalah penting untuk di pelajari.

d. Sebelum mempelajari struktur bahasa Asing, pelajari dulu struktur bahasa sendiri.
Jadi aneh kalau orang Indonesia bahasa Inggrisnya baik dan struktur bahasanya bagus, tapi di kasih untuk menulis dalam bahasa Indonesia jadi berantakan. Maka dari itu pondasi awal untuk mempelajari bahasa asing baik itu bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Jepang dan lain sebagainya maka dari itu pelajari dulu struktur bahasa Indonesia dulu baru lanjut belajar strukrur bahasa Asing.

Karena bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa, dimana setiap orang akan mengerti jika diantara mereka menggunakan bahasa Indonesia, di lihat dari sudut pandang linguistika, bahasa Indonesia adalah suatu varian bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau dari abad ke-19, namun mengalami perkembangan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja dan proses pembakuan di awal abad ke-20. Hingga saat ini, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan, maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.
Mengapa bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia ? Ada empat faktor , yaitu :

1.      Bahasa Melayu sudah merupakan lingua fanca di Indonesia, bahasa perhubungan, dan bahasa perdagangan.
2.      Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah di pelajari.
3.      Diterimanya bahasa Melayu sebagai bahasa Indonesia oleh suku-suku di Indonesia.
4.      Bahasa Melayu memiliki kesanggupan untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti yang luas.

Karena bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting, seperti yang tercantum dalam ikrar ketiga sumpah pemuda 1982. Ini berarti bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai bahasa Nasional, yaitu kedudukannya berada diatas bahasa - bahasa daerah.

Didalam kedudukannya sebagai bahasa Nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai;
1.      Lambang kebanggaan kebangsaan.

2.      Lambang identitas nasional.

3.      Alat penghubung antar warga, antar daerah, dan antar budaya.

4.      Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai-bagai suku bangsa dengan latar belakang sosial budaya dan bahasanya masing-masing ke dalam kesatuan kebangsaan Indonesia.

Jadi menurut saya, belajar bahasa Indonesia itu sangat penting, karena tidak semua warga Indonesia tiap hari menggunakan bahasa Indonesia. Coba perhatikan sekelilingmu! Orang Jawa ya berbahasa jawa,
orang Cina memang pake bahasa Indonesia tapi kadang logat dan aksennya dibuat lain, dan tidak sesuai standar yang benar dan orang Ambon dialeknya juga khusus. Itu karena masyarakat kita kan Bhinneka Tunggal Ika, kalau tidak ada pelajaran bahasa Indonesia, nanti pemakaian bahasa dalam jurnalisme (terutama) jadi kacau dan tidak seragam. Selain itu, banyak aspek dalam pelajaran bahasa Indonesia yang harus kita ketahui,tidak cuma percakapan sehari-hari.


Tahukah Kamu Kegunaan Bahasa Indonesia?
Kamu tidak akan merasa asing jika berada di sebuah daerah. Misalnya, kamu berada di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, atau Papua. Kamu tidak perlu khawatir tidak bisa bercakap-cakap. Bahasa Indonesia menjadi jembatan untuk berkomunikasi tanpa mengenal suku atau daerah.

Tahukah Kamu Mengapa Kamu Harus Menguasai Bahasa Indonesia?
Hampir semua informasi disampaikan dalam bahasa Indonesia. Orang yang tidak menguasai bahasa Indonesia akan jauh tertinggal. Dari TK sampai perguruan tinggi, ilmu disampaikan dengan bahasa Indonesia. Begitu pula sumber bacaan lain, lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia.

Tahukah Kamu Kelebihan yang Diperoleh Jika Mahir Berbahasa Indonesia?
Belajar bahasa berkaitan dengan kegiatan mendengarkan, berbicara,
membaca, dan menulis. Banyak orang sukses karena menguasai empat keterampilan berbahasa itu. Contohnya, wartawan, penerjemah, presenter, penyiar, pendongeng, dan komentator. Mereka bekerja dengan mengandalkan kemahiran berbahasa.



DAFTAR PUSTAKA
Nyari artikel bahasa Inggris buat masang AdSense? atau buat tugas? Klik disini Gratisss!!!!
Jangan lupa dilike ya. n_n

Kalo mau baca artikel AdScience lewat e-mail. silahkan daftarkan disini. artikel terbaru akan segera terkirim.

Masukkan email anda disini: