Friday, October 22, 2010

Wilhelm Conrad Röntgen, Peraih Nobel Fisika

Wilhelm Conrad Röntgen lahir pada 27 Maret 1845, di Lennep di Provinsi Lower Rhine Jerman, sebagai satu-satunya anak seorang pedagang, dan produsen, kain. Ibunya Charlotte Constanze Frowein Amsterdam, anggota keluarga Lennep lama yang telah menetap di Amsterdam.
Ketika ia berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke Apeldoorn di Belanda, di mana ia pergi kepada Lembaga Martinus Herman van Doorn, sebuah sekolah asrama. Dia tidak menunjukkan bakat khusus, tetapi menunjukkan cinta alam dan suka berkeliaran di padang dan hutan. Ia terutama cenderung untuk membuat terciptalah mekanik, karakteristik yang tetap dengan dia juga di kemudian hari. Pada tahun 1862 ia memasuki sebuah sekolah teknik di Utrecht, di mana ia bagaimanapun tidak adil diusir, dituduh menghasilkan karikatur dari salah satu guru, yang sebenarnya dilakukan oleh orang lain.
Ia kemudian masuk Universitas Utrecht pada tahun 1865 untuk mempelajari fisika. Tidak memiliki mencapai mandat yang diperlukan untuk seorang mahasiswa biasa, dan mendengar bahwa ia bisa masuk Politeknik di Zurich dengan lulus ujian, ia melewati ini dan mulai studi di sana sebagai mahasiswa teknik mesin. Dia menghadiri ceramah yang diberikan oleh Clausius dan juga bekerja di laboratorium Kundt. Baik Kundt dan Clausius pengaruh yang besar pada perkembangannya. Pada tahun 1869 ia lulus Ph.D. di University of Zurich, ditunjuk asisten untuk Kundt dan pergi dengan dia ke Würzburg pada tahun yang sama, dan tiga tahun kemudian ke Strasbourg.
Pada 1874 ia memenuhi syarat sebagai Dosen di Strasbourg University dan pada 1875 ia diangkat sebagai Profesor di Akademi Pertanian di Hohenheim di Württemberg. Pada 1876 ia kembali ke Strasbourg sebagai Profesor Fisika, tapi tiga tahun kemudian ia menerima undangan ke Ketua Fisika di Universitas Giessen.
Setelah menolak undangan untuk posisi serupa di Universitas Jena (1886) dan Utrecht (1888), ia menerima itu dari Universitas Würzburg (1888), di mana ia berhasil Kohlrausch dan ditemukan di antara rekan-rekannya Helmholtz dan Lorenz. Pada tahun 1899 ia menolak tawaran untuk Ketua Fisika di Universitas Leipzig, tetapi pada tahun 1900 ia menerimanya di Universitas Munich, dengan permintaan khusus dari pemerintah Bavaria, sebagai penggantinya E. Lommel. Di sini ia tinggal selama sisa hidupnya, meskipun ia ditawari, namun menolak, Presidensi Reichsanstalt Physikalisch-Technische di Berlin dan Ketua Fisika dari Akademi Berlin.
pekerjaan pertama Röntgen adalah diterbitkan tahun 1870, berurusan dengan spesifik panas gas, diikuti beberapa tahun kemudian oleh makalah tentang konduktivitas termal dari kristal. Di antara masalah lain ia mempelajari adalah karakteristik listrik dan lainnya dari kuarsa, pengaruh tekanan pada indeks bias berbagai cairan, modifikasi pesawat cahaya terpolarisasi oleh pengaruh elektromagnetik; variasi dalam fungsi temperatur dan kompresibilitas air dan cairan lainnya, yang merupakan fenomena yang menyertai penyebaran tetes minyak di atas air.
Röntgen nama, bagaimanapun, ini terutama berhubungan dengan penemuan sinar yang ia sebut sinar-X. Pada 1895 ia mempelajari fenomena yang menyertai perjalanan arus listrik melalui gas tekanan sangat rendah. Sebelumnya bekerja di bidang ini telah dilakukan oleh J. pemetik (1801-1868), JW Hittorf (1824-1914), CF Varley (1828-1883), E. Goldstein (1850-1931), Sir William Crookes (1832 -1919), H. Hertz (1857-1894) dan Ph von Lenard (1862-1947), dan oleh karya ilmuwan ini sifat-sifat sinar katoda - nama yang diberikan oleh Goldstein ke arus listrik yang ditetapkan dalam gas sangat dijernihkan oleh tegangan listrik sangat tinggi yang dihasilkan oleh kumparan induksi Ruhmkorff's - telah menjadi terkenal. Röntgen bekerja di sinar katoda membawanya, namun, untuk penemuan jenis baru dan berbeda dari sinar.
Pada malam tanggal 8 November 1895, ia menemukan bahwa, jika tabung lucutan ditutupi dalam karton, disegel hitam tebal untuk menyingkirkan semua cahaya, dan jika ia bekerja di sebuah ruangan gelap, piring kertas ditutupi pada satu sisi dengan barium platinocyanide ditempatkan di jalur sinar menjadi neon bahkan ketika itu sejauh dua meter dari tabung debit. Selama percobaan berikutnya ia menemukan bahwa benda sela ketebalan yang berbeda di jalur sinar menunjukkan transparansi variabel untuk mereka ketika direkam pada plat fotografi. Ketika ia bergerak untuk beberapa saat tangan istrinya di jalur sinar melewati plat fotografi, ia mengamati setelah pengembangan piring gambar tangan istrinya yang menunjukkan bayangan dilemparkan oleh tulang tangan dan yang dari mengenakan cincin dia, dikelilingi oleh penumbra daging, yang lebih permeabel terhadap sinar dan karenanya melemparkan bayangan redup. Ini adalah "röntgenogram" pertama yang pernah diambil. Dalam penelitian lebih lanjut, Röntgen menunjukkan bahwa sinar baru diproduksi oleh dampak sinar katoda pada objek material. Karena sifat mereka kemudian diketahui, ia memberi mereka nama sinar-X. Kemudian, Max von Laue dan murid-muridnya menunjukkan bahwa mereka adalah sifat elektromagnetik yang sama seperti cahaya, tetapi berbeda hanya pada frekuensi getaran yang lebih tinggi mereka.
Banyak penghargaan yang mandi kepadanya. Di beberapa kota, jalan-jalan diberi nama setelah dia, dan daftar lengkap Hadiah, Medali, gelar doktor kehormatan, keanggotaan kehormatan dan sesuai dari masyarakat belajar di Jerman maupun di luar negeri, dan penghargaan lain akan mengisi seluruh halaman buku ini. Terlepas dari semua ini, Röntgen mempertahankan karakteristik orang menyolok sederhana dan pendiam. Sepanjang hidupnya ia tetap cinta alam dan pekerjaan di luar ruangan. Banyak liburan dihabiskan di rumah musim panas di Weilheim, di kaki pegunungan Alpen Bavaria, di mana ia terhibur teman-temannya dan melanjutkan banyak ekspedisi ke pegunungan. Dia adalah seorang pendaki gunung besar dan lebih dari satu kali masuk ke situasi yang berbahaya. Ramah dan sopan oleh alam, ia selalu memahami pandangan dan kesulitan orang lain. Dia selalu malu memiliki asisten, dan lebih suka bekerja sendirian. Sebagian besar alat yang digunakan adalah dibangun oleh dirinya sendiri sangat cerdas dan keterampilan eksperimental.
Röntgen menikah dengan Anna Bertha Ludwig Zürich, yang ia telah bertemu dalam jangka kafe oleh ayahnya. Dia adalah seorang keponakan dari penyair Otto Ludwig. Mereka menikah pada tahun 1872 di Apeldoorn, Belanda. Mereka tidak punya anak, tetapi pada tahun 1887 mengadopsi Josephine Bertha Ludwig, kemudian berusia 6, anak perempuan dari saudara hanya Mrs Röntgen's. Empat tahun setelah istrinya, Röntgen meninggal di Munich pada tanggal 10 Februari 1923, dari karsinoma usus.
Dari Nobel Kuliah, Fisika 1901-1921, Elsevier Publishing Company, Amsterdam, 1967

Bagikan

Jangan lewatkan

Wilhelm Conrad Röntgen, Peraih Nobel Fisika
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.