Monday, January 29, 2018

Makna Hijrah Dalam Kehidupan Seorang Muslim


Kata hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang bermakna meninggalkan, menghindarkan dari serta berpindah tempat. Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah ialah aktivitas perpindahan yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad saw bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, dengan sasaran mempertahankan serta menegakkan risalah Allah, berbentuk akidah serta syari’at Islam.


Dengan merujuk kepada hijrah yang dilaksanakan Rasulullah Saw tersebut sebagaian ulama adanya yang mengartikan jikalau hijrah ialah keluar dari “darul kufur” menuju “darul Islam”. Keluar dari kekufuran menuju keimanan
 Umat Islam wajib melaksanakan hijrah apabila diri an keluarganya terancam dalam mempertahankan akidah serta syari’ah Islam

Perintah berhijrah terkandung dalam beberpa ayat Al-Qur’an, antara lain: Qs. Al-Baqarah 2:218)
 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah serta berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakn rahmat Allah, serta Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”



“Dan orang-orang yang beriman serta berhijrah dan berjihad terhadap jalan Allah, serta orang-orang yang berikan tempat kediaman serta berikan bantuan (kepada orang-orang mujairin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka mendapati ampunan serta rezki (ni;mat) yang mulia. (Qs. Al-An’fal, 8:74)


“Orang-orang yang beriman serta berhijrah dan berjihad di jalan Allah dengan harta benda serta diri mereka ialah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; serta itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan (Qs. At-Taubah, 9:20)

Pada ayat-ayat di atas, terkandung esensi kandungan:

  1. Jikalau hijrah sesegera mungkin dilakuakn atas basis niat pasal Allah serta sasaran mengarah rahamt dan keridhaan Allah.
  2. Jikalau orang-oerang beriman yang berhijrah serta berjihad dengan motivasi pasal Allah serta tujuan buat meraih rahmat serta keridhaan Allah, mereka itulah ialah mu’min sejati yang akan mendapati pengampunan Allah, mendapati keebrkahan rizki (ni’mat) yang mulai, serta kemenangan di sisi Allah

  3. Jikalau hijrah serta jihad bisa dilaksanakan dengan mengorbankan apakah yang kita miliki, diantaranya harta benda, bahkan jiwa.
  4. Ketiga ayat tersebut menyebut tiga prinsip hidup, yaitu iman, hijrah serta jihad. Iman bermakna keyakinan, hijtah berarti pergantian serta jihad berarti perjuangan dalam menegakkan risalah Allah.

Makna Hijrah

Hijrah sebagai salah satu prinsip hidup, sesegera mungkin selalu kita maknai dengan benar. Secara bahasa hijrah bermakna tidak membawa. Seseorang disebut hijrah bila sudah memenuhi 2 syarat, yaitu, yaitu yang pertama adanya sebuah yang ditinggalkan serta kedua adanya sebuah yang dituju (tujuan). Kedua-duanya ahrus dipenuhi oleh seorang yang berhijrah. tidak membawa segala Perihal yang buruk, negative, maksiat, keadaan yang tak kondisif, menju kondisi yang lebih yang lebih baik, positif serta keadaanyang kondusif buat menegakkan ajaran Islam.


Dalam realitas sejarah hijrah selalu dihubungkan dengan tidak membawa suatu tempat, yaitu ada peristiwa hijrah Nabi serta para sahabat tidak membawa tepat yang tak kondisuf buat berdakwah. Bahkan peristiwa hijrah itulah yang dijadikan basis umat Islam sebagai permulaan ahun Hijriyah.


Tahun Hiriyah, ditetapkan pertama kali oleh Khalifah Umar bin Khatab ra, sebagai jawaban atau surat Wali Abu Musa Al-As’ari. Khalifah Umar menetapkan Tahun Hijriyah Kalender Tahun Gajah, Kalender Persia buat menukar penanggalan yang dipakai bangsa Arab sebelumnya, layaknya yang berasal dari tahun Gajah, Kalender Persia, Kalender Romawi serta kalender-kalendar lain yang berasal dari tahun peristiwa-peristiwa besar Jahiliyah. Khlifah Umar memilih peristiwa Hijrah sebagai taqwim Islam, pasal Hijrah Rasulullah aw serta para sahabat dari Mekkah ke Madinah merupakan peristiwa paling monumental dalam pernyebaran dakwah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Makna Hijrah Dalam Kehidupan Seorang Muslim
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
September 11, 2019 at 6:54 AM

terimakasih sudah berbagi infonya kak

EMI

Reply